Skip to main content

Pengertian Letter Of Credit dan 3 Keuntungannya

Pengertian Letter Of Credit dan 3 Keuntungannya

Sebagai pengusaha, tentu Anda menginginkan pengembangan usaha. Apalagi untuk Anda yang tengah menjalankan bisnis dengan lini produksi. Lambat laun, Anda membutuhkan material yang didatangkan secara impor. Untuk mempermudah proses transaksi internasional, Anda perlu mengetahui tentang pengertian letter of credit

Pengertian Letter Of Credit Secara Umum

Letter of credit (LC) atau lebih dikenal dengan istilah surat kredit instrumen keuangan yang umum digunakan dalam transaksi internasional. Instrumen ini dianggap sebagai jaminan pembayaran yang diterbitkan oleh bank atas nama importir sebagai pembeli. Jaminan tersebut diteruskan kepada pihak eksportir selaku penjual. 

Memahami pengertian letter of credit merupakan hal penting untuk memulai transaksi internasional. Pasalnya, instrumen ini  memberikan perlindungan bagi kedua belah pihak dalam proses jual beli, serta memastikan pembayaran yang aman dan tepat waktu.

Prosedur Penggunaan Letter Of Credit

Prosedur penggunaan letter of credit cukup bervariasi tergantung pada perjanjian antara Anda selaku pembeli atau importir dan penjual sesuai kebijakan bank yang Anda pilih untuk menerbitkan surat kredit. 

Perlu dipahami bahwa dalam memahami pengertian letter of credit adalah hal penting bagi kedua belah pihak. Hal tersebut bermanfaat agar Anda selaku pengusaha dan pihak penjual dapat mengerti dengan jelas persyaratan dan prosedur yang diperlukan memulai transaksi perdagangan internasional. Berikut adalah beberapa prosedur yang perlu Anda catat.

1. Kesepakatan Transaksi

Anda selaku pembeli perlu terlebih dahulu sepakat dengan ketentuan yang diajukan oleh penjual atau eksportir. Ketentuan tersebut meliputi kesepakatan mengenai harga, kuantitas, dan syarat-syarat lainnya yang terkait dengan transaksi perdagangan internasional.

2. Permohonan Letter Of Credit

Sebagai pembeli, Anda perlu melakukan pengajuan letter of credit kepada bank pilihan Anda. dalam melakukan permohonan, penting untuk menyantumkan informasi rinci, mulai dari transaksi, syarat-syarat surat kredit yang diinginkan, dan dokumen yang wajib untuk Anda penuhi.

3. Penerbitan Letter Of Credit

Bank penerbit nantinya akan jadi pihak yang melunasi pembayaran transaksi Anda. untuk itu, sebelum penerbitan bank akanmelakukan evaluasi permohonan letter of credit dan mempertimbangkan kreditabilitas pembeli. Jika persyaratan terpenuhi, bank penerbit menerbitkan LC kepada bank yang pilihan dari penjual di negara asal eksportir.

4. Notifikasi 

Bank yang menerbitkan letter of credit akan memberi notifikasi kepada penjual atau eksportir tentang metode pembayaran yang akan dilunasi. Selain itu, pihak bank juga akan memberikan informasi tentang syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pembayaran. Selanjutnya, eksportir melakukan pengiriman barang sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati.

Baca Juga: Pengertian Break Even Point Untuk Bisnis Pemula

5. Pemenuhan Syarat

Penjual mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti faktur komersial, dokumen pengapalan, asuransi, dan sertifikat keberangkatan. Semua dokumen ini harus sesuai dengan syarat-syarat pengertian letter of credit.

6. Pemeriksaan Dokumen

Bank di negara eksportir sebagai penerima pembayaran akan memeriksa dokumen-dokumen yang diajukan oleh penjual untuk memastikan prosedur berjalan sesuai pengertian letter of credit. Setelah itu, bank yang melakukan pembayaran kepada penjual.

7. Klaim Pembayaran

Setelah pembayaran dilakukan, bank yang menerima mengajukan klaim pembayaran kepada bank penerbit. Bank penerbit kemudian membayar bank yang menerima sesuai dengan jumlah yang telah dibayarkan kepada penjual sesuai dengan pengertian letter of credit.

Keuntungan Letter Of Credit

Perlu Anda pahami bahwa pengertian letter of credit adalah untuk memberi manfaat yang baik bagi bisnis. Salah satunya adalah menawarkan perlindungan dan kepercayaan dalam transaksi perdagangan internasional. Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan. 

1. Keamanan Pembayaran 

Salah satu keuntungan utama menggunakan LC adalah memberikan keamanan pembayaran kepada penjual. Dalam pengertian letter of credit, penjual memiliki jaminan bahwa pembayaran akan dilakukan oleh bank yang mengeluarkan surat kredit. Instrumen pembayaran Ini mengurangi risiko pembayaran gagal atau penipuan dalam transaksi bisnis Anda.

2. Perlindungan dari Risiko Kredit

LC memberikan perlindungan kepada penjual terhadap risiko kredit pembeli (importir). Bank penerbit bertanggung jawab untuk membayar penjual jika pembeli gagal memenuhi kewajibannya. Hal ini memberikan kepastian kepada penjual bahwa mereka akan menerima pembayaran sesuai dengan syarat-syarat.

3. Fleksibilitas Pembayaran 

Dalam pengertian letter of credit, instrumen pembayaran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli dan penjual. Kedua belah pihak dapat menegosiasikan persyaratan pembayaran yang menguntungkan, seperti pembayaran tunai atau pembayaran bertahap.

Untuk Anda yang siap untuk melakukan transaksi internasional atau memulai bisnis di ekspor dan impor, Anda bisa menghubungi Usaha.co.id untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dengan mudah. Kami memiliki ahli di bidang pendirian usaha, konsultan hukum, hingga akuntansi dan perpajakan yang memastikan operasional pengembangan bisnis berjalan lancar. 

Untuk dukungan lebih lanjut, Anda bisa mengisi form di bawah dan Usaha.co.id siap untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

× Chat with us