Skip to main content

6 cara daftar merek dagang di Indonesia

6 cara daftar merek dagang di Indonesia

Di masa awal pendirian bisnis, Anda perlu mengetahui tentang merek dagang. Mulai dari tata cara daftar merek dagang, fungsi, persyaratan, hingga manfaat yang bisa berdampak baik bagi bisnis Anda. Pengetahuan dasar mengenai merek dagang di Indonesia dapat memberi kemudahan dalam berbisnis baik bagi pengusaha lokal maupun mancanegara. 

Fungsi merek dagang

6 cara daftar merek dagang di Indonesia

Sebelum Anda mulai memahami cara daftar merek dagang, alangkah baiknya jka Anda memahami fungsi dari merek dagang terlebih dahulu. Mengetahui tentang fungsi dasar dari merek dagang dapat membantu Anda merancang strategi bisnis yang menguntungkan bagi usaha yang tengah Anda jalani saat ini. 

1. Perlindungan hukum

Fungsi dari daftar merek dagang yang berdampak baik bagi usaha Anda adalah hadirnya perlindungan hukum. Anda akan mendapatkan hak eksklusif dari setiap merek dan properti intelektual yang didaftarkan. Hak ekslusif yang diberikan berperan untuk penggunaan merek dalam kegiatan bisnis secara sah.

2. Aset bisnis

Fungsi selanjutnya yang ditawarkan oleh merek dagang adalah pengakuan aset bisnis. Dengan semakin besarnya pengetahuan publik terhadap merek dagang Anda, hal tersebut akan meningkatkan nilai dari merek yang Anda daftarkan.Merek yang kuat juga dapat meningkatkan nilai perusahaan dalam hal penjualan atau akuisisi entitas bisnis.

3. Strategi marketing

Dengan memiliki hak ekslusif atas merek dagang yang Anda daftakan, perusahaan Anda bisa memaksimalkan strategi marketing dengan cara yang kreatif. Kualitas marketing yang baik dan merek yang kuat dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dalam menarik perhatian konsumen, membangun kesetiaan merek, dan membedakan produk dari pesaing.

4. Identifikasi Produk

Untuk memastikan agar kekutan merek Anda dapat berkelanjutan, tentu strategi identifikasi produk tetap harus digalangkan. Pasalnya, merek dagang yang kuat dan berkelanjutan membantu konsumen mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan dan membedakannya dari yang lain.

5. Lisensi dan franchise

Franchise dan menjual lisensi adalah salah satu cara untuk meningkatkan profit dan brand awareness dalam usaha Anda. Untuk dapat memaksimalkan kesempatan tersebut Anda perlu daftarkan merek dagang secara resmi terlebih dahulu. 

Proses daftar merek dagang di Indonesia punya tantangannya tersendiri. Apalagi mengingat peraturan yang kerap berubah dan dokumen persyaratan yang cukup memakan waktu. Oleh karena itu, Usaha.co.id menawarkan solusi cepat dan efisien untuk pendaftaran merek dagang dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bisnis Anda. 

Baca juga: 5 langkah mendirikan PT Perorangan di Indonesia

Cara daftar merek dagang

Setelah memahami fungsi merek dagang, tentu Anda kini tertarik untuk mendaftarkan kekayaan intelektual dari bisnis Anda saat ini. Berikut adalah tata cara daftar merek dagang yang perlu Anda pahami agar bisnis dapat berjalan lancar di Indonesia. 

1. Memeriksa nama merek

Ketika satu nama merek terdaftar, maka Anda tidak bisa menggunakan nama tersebut untuk urusan bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset mendalam terkait sebuah merek dagang. Apalagi dalam sebuah sektor bisnis yang sama. Selain itu, Anda juga perlu kreatif dalam merumus kan nama merek dagang untuk unit usaha Anda. 

2. Klasifikasi merek dagang 

Pastikan merek dagang yang akan Anda daftarkan sesuai dengan klasifikasi yang berlaku. Klasifikasi merek dagang berdasar pada kelas produk atau jasa sesuai dengan Klasifikasi Barang dan Jasa yang berlaku di Indonesia. Selain itu, setiap kelas daftar merek dagang memiliki biaya pendaftaran yang berbeda.

3. Siapkan persyaratan

Pastikan Anda sudah melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhan sebelum mendaftarkan merek dagang usaha secara resmi. Persyaratan yang terpenuhi jadi hal penting yang memastikan proses pendaftaran berhasil untuk bisnis Anda. 

4. Pengajuan permohonan

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda bisa langsung mengajukan permohonan daftar merek dagang kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. 

5. Pemeriksaan

Setelah permohonan pengajuan diterima, pihak DJKI akan melakukan pemeriksaan. Di dalam proses ini, pihak terkait akan memeriksa mencakup pengecekan apakah merek tersebut sudah ada yang mengajukan permohonan atau telah didaftarkan sebelumnya.

6. Penerbitan sertifikat

Setelah proses pemeriksaan selesai tanpa kendala, maka pihak terkait akan menerbitkan Sertifikat Pendaftaran Merek Dagang. Sertifikat tersebut bermanfaat sebagai tanda bahwa merek dagang Anda telah sah terdaftar dan dilindungi hukum.

Usaha.co.id siap bantu perkembangan bisnis Anda

Pendaftaran merek dagang di Indonesia cenderung punya proses pendaftaran yang tidak rumit. Namun, Anda bisa saja mendapatkan tantangan dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. 

Selain itu, dalam proses pemeriksaan juga masih ada kemungkinan permohonan Anda ditolak. Untuk mengurangi risiko tersebut, alangkah lebih baik jika Anda menyerahkan pendaftaran HAKI atau merek dagang kepada ahlinya, seperti Usaha.co.id.

Konsultan berpengalaman di Usaha.co.id memastikan proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Anda juga dapat menggunakan layanan solusi bisnis seperti akuntansi dan perpajakan untuk memastikan operasional usaha Anda berjalan dengan efisien.

× Chat with us